Browser Engine Servo: Kolaborasi Samsung dan Mozilla

Samsung dan Mozilla mengumunkan kemitraannya mengembangkan Web Br0wser Engine generasi terbaru yang diberi nama Servo. Br0wser Engine tersebut nantinya dapat digunakan untuk seluruh perangkat ARM serta berbasis sistem 0perasi Andr0id.

Servo merupakan upaya membangun kembali br0wser Web dari dasar untuk perangkat m0dern. Servo dibangun dengan bahasa pr0gram Rust yaitu bahasa sistem yang dikembangkan 0leh Mozilla bersama k0munitas.


Bersama Samsung, Mozilla menghadirkan bahasa pemr0graman Rust dan Servo, mesin br0wser web ekperimental, untuk perangkat Andr0id dan ARM. Rust, yang hari ini sudah mencapai versi 0.6, menurut Mozilla telah dikembangkan selama beberapa tahun dan dengan cepat mendekati stabilitas.

CT0 Mozilla, Brendan Eich mengatakan, “Rust dilengkapi fitur-fitur k0nkurensi ringan yang memudahkan pr0grammer untuk memanfaatkan kekuatan dari c0re CPU yang tersedia pada platf0rm k0mputasi saat ini maupun pada masa mendatang. Untuk melihat apa yang kami lakukan dan berk0ntribusi pada pr0yek ini, Anda dapat mengunduh dan menc0ba Rust 0.6 yang baru saja dirilis atau mengecek s0urce untuk Rust dan Servo di BitHub,” ujarnya seperti dilansir Techcrunch.